7 PELATIH PALING KONTROVERSI SEPANJANG MASA DI DALAM DUNIA SEPAKBOLA

Di dalam beberapa kasus tertentu, para pelatih memiliki kebiasaan yang memicu kontroversi. Entah itu perihal keputusan yang buruk kala tampil di lapangan atau memberikan komentar pedas di luar lapangan, para pelatih ini juga terkadang berurusan dengan pihak berwenang. Namun kenyataannya, para pelatih ini sering beradu pendapat dengan para wasit. Hal ini dapat memicu dampak yang signifikan pada hasil gelar liga atau bahkan lebih buruk lagi, terdegradasi.

Para pelatih umumnya telah merencanakan dan mempersiapkan segala sesuatu untuk klub di sepanjang tahun. Perencanaan dan persiapan ini tidak hanya tentang pertandingan kompetisi, persahabatan atau tayangan ulang pertandingan saja melainkan mereka juga harus mempersiapkan sejumlah perlengkapan lainnya yang mungkin membantu mereka disaat jalannya musim pertandingan.

Salah satu contohnya adalah pelatih Manchester United, Louis Van Gaal yang baru saja membuat sebuah kontroversi besar. Ia pernah berkomentar jika pertandingan di Liga Premier terkesan lebih rendah dari Cambridge United. Pada akhirnya, sejumlah fans pun berharap jika pelatih asal Belanda tersebut dapat mengarahkan Setan Merah meraih kemenangan sempurna di Liga Premier.

Dan inilah 7 pelatih paling kontroversi sepanjang masa di dalam dunia sepakbola, diantaranya adalah:

  1. Sir Alex Ferguson


Jika Jose Mourinho adalah seorang guru sepakbola, maka Sir Alex Ferguson adalah ahli sihir sepakbola. Di dalam karir kepelatihannya yang membentang selama lebih dari tiga dekade, ia telah memiliki saingan terberat selama bertahun-tahun yaitu Arsene Wenger dan Jose Mourinho. Namun pertanyaannya adalah apakah semua pelatih bisa menirukan frase “Fergie Time”? Statistik ini kembali diantara tahun 2010 hingga 2012, dimana di beberapa pertandingan yang dilakoni Manchester United selalu terlihat ‘lembur’, terutama apabila Setan Merah tertinggal gol. Beberapa momen yang paling kontroversial adalah Sir Alex Ferguson pernah beragumen dengan wasit karena memberikan keputusan yang buruk bagi MU. Selanjutnya, Sir Alex Ferguson juga mempunyai sedikit masalah dengan BBC, dimana dirinya menolak untuk melakukan wawancara saat itu. Dan terakhir antara dirinya dengan Beckham, yang dimana ia pernah tidak sengaja menendang sesuatu hingga sepatunya terlepas dan mendarat ke pelipis Beckham sehingga Beck’s harus menerima beberapa jahitan. Banyak pihak yang mengatakan jika insiden tersebutlah yang memicu Beck’s hengkang dari Old Trafford.

  1. Jose Mourinho


Ia adalah sosok yang paling mewarnai di setiap pertandingan sepakbola dan Mou sering membuat kontroversi di sepanjang perjalanan dunia sepakbola. Sejak dirinya duduk pertama kali dalam konferensi pers Inggris, ia langsung menyatakan jika dirinya adalah ‘The Special One’. Mourinho pernah terlibat serangkaian pertengkaran. Ia pernah dengan sengaja mencolek muka pelatih Barcelona Tito Vilanova dan menyindir penampilan Arsene Wenger dan memanggilnya ‘a voyeur’. Pelatih asal Portugal ini selalu memicu beberapa aksi kontroversi lainnya, terutama aksi konyolnya dalam ajang final Piala Carling saat Chelsea melawan Liverpool. Beberapa fans sepakbola dunia juga mengingat momen lucu Mou saat dirinya kegirangan sambil melompat-lompat di tepi lapangan untuk mengejek Sir Alex Ferguson, dimana Porto saat itu berhasil menyingkirkan Manchester United dalam ajang Liga Champions.

  1. Arsene Wenger


Selama menangani Arsenal selama hampir dua dekade, Arsene Wenger dikenal sebagai salah satu pelatih terbaik Liga Premier yang tak luput dari aksi kontroversi. Para filosofi sepakbola melihat klub The Gunners menikmati karir yang mengesankan baru-baru ini, terutama kemenangan mereka dalam ajang Piala FA tahun 2014 saat melawan Hull City. Wenger kerap dicap sebagai pelatih sangat yang pelit. Selama masa kepelatihannya di Arsenal, anak asuhnya secara keseluruhan telah mengoleksi 80 kartu merah selama 15 tahun hingga tahun 2010. Jika poin ini diperdebatkan, Wenger akan mengalihkan pembicaraan dan mengatakan, “Saya belum melihatnya”. Ia pernah terlibat dalam insiden ‘pizzagate’ di Old Trafford ketika Arsenal sedang berdiri di rekor ‘The Invisible’ selama 49 pertandingan. Setelah tertinggal 2 gol dari MU, Wenger menuduh Ruud Van Nistelrooy melakukan diving dan harus didenda lebih dari US$ 30.000. Selain itu, ia juga pernah terlibat aksi kontrovesi lain yaitu dengan Alan Pardew di musim ini dan mendorong Jose Mourinho di Stamford Bridge.

  1. Ruud Gullit


Mantan pemain Belanda, Ruud Gullit adalah salah satu mantan pelatih dengan karir yang cukup terkenal. Dia adalah baguan dari tim inti AC Milan yang menikmati begitu banyak kemenangan di Eropa pada akhir tahun 80-an dan awal 90-an. Bahkan, Gullit membantu AC Milan mendapatkan 2 gelar Eropa (1989 dan 1990) serta ia juga pernah membela Chelsea dan Sampdoria. Ketika dirinya beralih menjadi pelatih sepakbola, Gullit pun sempat memiliki momen yang bergejolak saat itu. Insiden yang paling kontroversi terjadi kala dirinya menukangi Newcastle United. Pada suatu hari di musim dingin, Gullit memutuskan untuk melakukan salah satu ‘aksi iseng’ terparah dalam dunia sepakbola. Dia mengirimkan sang pahlawan ‘Geordie’ dan menempatkan Alan Shearer ke bangku pengganti didalam sebuah langkah aneh yang memicu pertanyaan besar dan kemarahan para fans Newcastle. Setelah insiden tersebut, ia pun dipecat dan dibenci oleh para fans Newcastle.

  1. Harry Redknapp


Salah satu pelatih lain yang memiliki karir pasang surut adalah Harry Redknapp. Ia pernah melatih klub-klub medioker seperti Bournemouth, Southampton dan West Ham United. Dia juga pernah melatih Tottenham Hotspur dimana dirinya telah membangun gaya permainan menyerang ke White Hart Lane. Harry Redknapp berhasil membawa Spurs untuk masuk ke dalam ajang Liga Champions saat itu, namun ia harus dipecat setelah Spurs tersingkir. Atas insiden tersebut, Redknapp menjadi berita utama di Inggris. Baru-baru ini, ia telah meninggalkan Queens Park Ranger dan membawa masa depan klub tersebut ke arah yang suram.

  1. Paolo Di Canio

paolo-di-canioIa dianggap sebagai salah satu pemain Liga Premier terbaik sepanjang masa. Paolo Di Canio juga memiliki karir yang pasang surut sebagai pelatih. Saat dirinya masih menjadi pemain Lazio, ia pernah terlibat dalam insiden rasis dimana dirinya mengejek fans tuan rumah. Setelah gantung sepatu, ia kemudian mengawali masa kepelatihannya bersama Swindon Town pada bulan Mei 2011. Dalam musim pertamanya, Di Canio berhasil membuat Swindon naik ke Liga 1 terlepas dari kurangnya dukungan finansial. Dia disambut bak pahlawan oleh para fans klub karena dirinya berhasil membuat transformasi yang luar biasa bagi Swindon. Meskipun demikian, ia pernah bertengkar dengan salah satu pemainnya di ruang ganti. Kepala eksekutif Swindon saat itu menggangap gaya kepelatihannya sebagai ‘orang yang mengelola klub dengan granat di tangannya’. Ia dipecat lalu menjalani tugas singkat di Sunderland. Sekali lagi, era kepelatihan Di Canio penuh dengan kontroversi.

  1. Alan Pardew


Alan Pardew memiliki serangkaian momen kontroversi sesuai dengan namanya. Mantan pemain Crystal Palace dan pelatih skuad The Eagles saat ini mempunyai waktu yang ‘panas’ sebagai pelatih. Di awal era kepelatihannya, ia menjadi pelatih sementara di Reading pada tahun 1999. Setelah memimpin Reading secara mengesankan, ia pun dipanggil ke Stadion Madjeski untuk menukangi West Ham United. Sebuah insiden pun terjadi dan Pardew akhirnya mengundurkan diri dari The Royals sehingga membuatnya cuti dalam waktu yang cukup lama. Pada bulan Oktober 2003, ia bergabung dengan The Hammers dan menjadi salah satu paling menonjol saat itu dengan mendatangkan dua pemain Argentina berbakat, Javier Mascherano dan Carlos Teves. Sayangnya, Pardew berada di bawah tekanan dari para fans West Ham dan dirinya berhenti pada bulan Desember 2006. Saat Pardew tampil sebagai komentator dalam acara BBC, ia menyatakan bahwa gelandang Chelsea, Michael Essien telah ‘memperkosa’ Ched Evans. Ia pun kemudian dipaksa untuk meminta maaf tetapi tidak melakukan hal tersebut dengan ikhlas. Ia pun sempat terlibat cekcok dengan Arsene Wenger di musim ini serta ia pernah melayangkan pukulan ke kepala salah satu pemain Hull City musim lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *